5 Tips Liburan ke Pantai

Menjelang akhir tahun pasti sudah banyak agenda yang Toppers rencanakan untuk menghabiskan masa liburan. Dari beragam destinasi wisata yang ada, pantai tetap menjadi tempat tujuan liburan yang paling diminati, khususnya di negara tropis seperti Indonesia. Banyak hal yang bisa kita lakukan di pantai seperti berenang, menyelam, bermain pasir, memancing, olahraga air, dan lain sebagainya yang bisa kita lakukan bersama keluarga atau teman.

Sebagai negara maritim, Indonesia mempunyai banyak pantai indah di seluruh pelososk nusantara. Jadi, Toppers bisa dengan mudah menemukan pantai yang paling dekat dengan rumah. Biasanya untuk libur panjang, keluarga atau satu kelompok teman akan melakukan reservasi penginapan di sekitar pantai. Kita bisa menghabiskan hari libur dengan melakukan aktivitas menyenangkan di pantai untuk melepas stres selama bekerja atau sekolah.

Karena momen liburan itu sangat berharga, Toppers pastinya butuh persiapan khusus untuk menikmati liburan di pantai. Apa saja itu? Yuk kita lihat.

Berkemas

Sebelum pergi ke pantai, perlu nih bawa daftar barang bawaan yang diperlukan di pantai. Siapkan tas travel dengan kapasitas sedang atau besar sesuai dengan banyaknya barang yang kamu bawa. Untuk pakaian, jangan lupa membawa baju renang serta baju atau kaos berbahan ringan yang nyaman dipakai dalam cuaca panas dan berangin.

Bawa pula aksesoris pantai seperti kacamata hitam, sandal, dan topi yang sangat kamu butuhkan untuk aktivitas di pantai. Untuk mendukung liburan kamu, bawalah peralatan tambahan seperti payung, handuk, tikar, mainan pantai, kamera, handphone, alat pancing, peralatan menyelam, dan alat pelampung. Kalau sekiranya barang-barang tertentu tersedia persewaannya di pantai, kamu jadi bisa menghemat ruang di tas dan bagasi.

Peralatan mandi dan kesehatan juga ga boleh ketinggalan ya, Toppers… Sabun, shampoo, losion, tissue basah, deodorant, dan perlengkapan mandi lainnya sebaiknya kemas dalam satu tas khusus. Untuk jaga-jaga, siapkan pula produk gel lidah buaya sebagai penanganan pertama terhadap kulit yang terbakar sinar matahari.

Bawa Makanan

Sejumlah pantai di Indonesia terletak jauh dari keramaian kota sehingga ga ada fasilitas mini market atau tempat makan. Sebagai persiapan, sebaiknya kamu bawa makanan secukupnya dari rumah seperti cemilan atau peralatan masak beserta bahan makanan yang mudah dibawa bepergian. Kamu bisa masak sendiri di penginapan atau mengolah ikan yang kamu pancing di laut. Ini akan menambah kesenangan kamu dan keluarga di pantai.

Perbanyak Minum

Cuaca panas yang membuatmu jadi lebih banyak berkeringat bisa mengakibatkan dehidrasi. Maka sebaiknya perbanyak minum air putih supaya kamu ga lemas dan tetap aktif melakukan aktivitas liburan. Siapkan beberapa botol air mineral saat di pantai untuk kamu minum supaya terhindar dari kurangnya cairan dalam tubuh. Kan ga asyik kalau liburan dalam keadaan lemas. Iya kan?

Perlindungan Terhadap Sinar Matahari

Sinar matahari yang terik bisa menyebabkan kulit terbakar kalau kamu ga melindungi tubuh dengan baik. Hati-hati ya Toppers, kulit yang terbakar bisa berakibat pada kulit terkelupas sehingga infeksi. Gunakan sunblock minimal SPF 30 ke seluruh permukaan kulit yang terpapar sinar matahari agar kulit tetap terlindungi. Pakai pula topi agar kulit wajah ga gosong dan kacamata hitam untuk melindungi mata. Kalau perlu, pakaian berlengan panjang cocok kamu pakai untuk sekadar berjalan-jalan menyusuri pantai.

Perhatikan Keselamatan

Ketika bermain atau berenang di pantai, keselamatan ga boleh diacuhkan. Jangan terlalu jauh berenang ke dalam pantai dan waspada pula pada hewan-hewan laut berbahaya seperti bulu babi dan ubur-ubur serta karang yang dapat merobek kulit. Jangan sampai keasyikan liburan kamu di pantai rusak karena luka atau kecelakaan.

Artikel Dari : Blog Toko Pedia

930 kali dilihat, 8 kali dilihat hari ini